Friday, March 6, 2009

Mengukur Kekuatan Jaringan Pulsa Isi Ulang


Bisnis pulsa isi ulang yang dikembangkan oleh Bonuspulsa.com mengadopsi sistem penjualan Jaringan yang diidentikkan dengan MLM/Direct Se Yaclling atau sejenisnya. Sebagai sebuah jaringan, kekuatan bisnis ditentukan oleh 2 hal yaitu Perkembangan Jaringan dan Jumlah Transaksi. Kedua hal tersebut merupakan sumber pendapatan bagi Pengelola dan Mitra.

Perkembangan Jaringan
Bonuspulsa.com mulai beroperasi sejak 1 April 2008, menjelang satu tahun beroperasi, jumlah Mitra sudah menembus angka 18000, yang artinya rata-rata 1500 Mitra baru per bulan atau 50 Mitra baru per hari. Sebuah jumlah yang relatif besar, namun belum bisa dibanggakan karena masih ada jaringan lain yang membernya lebih dari 500ribu bahkan mendekati satu juta member. Oleh karena itu, jumlah 18000 Mitra mengandung peluang, sekaligus tantangan bagi seluruh Mitra, karena banyak pangsa pasar yang masih bisa direbut untuk mengembangkan jaringan. Yakinlah untuk bisa merekrut Mitra baru setiap saat.
Perkembangan Jaringan menghasilkan pendapatan Mitra. Mitra yang perkembangan jaringannya cepat akan menikmati Bonus Sponsorship dan Bonus Jaringan yang lebih besar dibandingkan dengan Mitra lain yang perkembangan jaringannya lebih lambat. Yang perlu dicatat adalah bahwa dengan menerapkan sistem matrik 3x10 level, maka pada dasarnya potensi Bonus Sponsorship dan Bonus Jaringan bagi satu ID MItra adalah terbatas sampai pada terisinya lebih 80 ribu posisi dibawah Mitra bersangkutan.
Harus diakui, pada pendapatan ini berlaku skema ponzi, artinya pendapatan bagi Mitra yang bergabung lebih dulu berasal dari uang pendaftaran Mitra yang bergabung belakangan di jaringannya. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan bagi seorang Mitra untuk melampaui jaringan upline nya.
Ilustrasinya begini : Seorang Upline A mempunyai downline B, C, D. Jika downline B lebih aktif sponsoring dan mengembangkan jaringan dibandingkan dengan A, C maupun D, maka perlahan-lahan jaringan B akan lebih besar dibandingkan dengan jaringan A. Ilustrasi ini kisah nyata dan terbukti. Dimana rahasianya? Rahasianya adalah B bisa mengelola 3 kaki di bawahnya, sementara A hanya berkembang di satu kaki (yaitu B) dan lambat di 2 kali yang lain (yaitu C dan D).
Apa yang ingin saya sampaikan dengan tulisan ini adalah agar Mitra baru tidak merasa minder atau rendah diri atau under estimate bahwa dirinya akan selalu berada di bawah prestasi Upline nya. Buktikan bahwa Anda bisa membangun sebuah jaringan, dan itu adalah jaringan Anda sendiri, bukan jaringan milik upline-upline Anda.

Jumlah Transaksi
Transaksi dalam sebuah jaringan, bukan saja berarti sumber pendapatan bagi Pengelola maupun Mitra, namun lebih dari itu, transaksi merupakan sarana untuk meminimalkan efek negatif skema ponzi. Jaringan yang berkembang pesat, namun tidak diikuti peningkatan transaksi adalah merupakan indikasi nyata bahwa jaringan itu fully money game (saya akan contohkan dengan perhitungan di akhir tulisan).
Jumlah transaksi yang terjadi di bonuspulsa.com rata-rata 14ribu - 15ribu transaksi per hari. Moderat, kita ambil angka 14ribu transaksi per hari yang artinya hampir 10 transaksi per menit. Ini bukan jumlah yang besar, masih banyak kapasitas hardware yang idle dengan jumlah tersebut. Masih banyak potensi pemanfaatan kapasitas untuk meningkatkan jumlah tranaksi. Secara akuntansi, bagi pengelola, banyak unsur terkait hardware dan network yang bersifat fixed cost, artinya semakin tinggi transaksi maka semakin rendah biaya per unit nya.
Siapakah yang menikmati keuntungan dari transaksi ? Keuntungan terbesar dinikmati oleh Mitra yang melakukan transaksi. Keuntungan Mitra (atau kehematan Mitra) jauh di atas jumlah komisi yang diterima oleh upline-upline. Semakin sering Anda melakukan transaksi, semakin besar keuntungan Anda.
Konsekwensi dari matriks jaringan, tentu saja transaksi akan menghasilkan bonus bagi para upline yang disebut Bonus Transaksi. Dalam jaringan yang kecil, jumlah Bonus Transaksi jauh di bawah Bonus Sponsorship dan Bonus Jaringan. Namun perlu diingat bahwa Bonus Sponsorship dan Bonus Jaringan ada batasnya, sedangkan Bonus Transaksi akan berulang terus selamanya.
Satu-satunya cara untuk memperbesar Bonus Transaksi adalah dengan mengembangkan jaringan, karena jumlah Mitra yang besar akan memperbesar potensi terjadinya transaksi.

Berapa kekuatan Bonuspulsa.com ?
Saya menggabungkan dua hal di atas untuk mengukur kekuatan bonuspulsa.com sebagai sebuah jaringan bisnis pulsa isi ulang. Cara saya sederhana, dalam setiap hari terjadi 14000 transaksi, jumlah Mitra 18000 id. Apabila kita ambil rata-rata maka 77.77% Mitra Bonuspulsa.com bertransaksi setiap harinya.
Apakah jumlah ini sudah bagus? Jawabnya sangat bangus dibandingkan dengan yang lain.
Sebagai gambaran saya menemukan sebuah jaringan yang mengklaim dirinya sebagai jaringan bisnis pulsa isi ulang dengan jumlah member lebih dari 600rb dengan transaksi 1,5juta per bulannya (50rb per hari). Dengan menggunakan rumus yang sama, maka di jaringan tersebut kurang dari 10% member nya yang bertransaksi setiap harinya. Boleh jadi, member bergabung hanya karena tergiur dengan efek money game-nya dan merasa tidak mendapat keuntungan dari transaksi pulsa isi ulang nya.

Semoga bisa menjadi pencerahan ....

Ditulis oleh Guskun
Sumber Artikel Disini

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online