Sunday, July 5, 2009

Bonuspulsa Dibandingkan dengan Pesaing

Persaingan di belantara bisnis pulsa elektrik semakin ketat, dealer lama terus berusaha memperkuat posisi pasar dan dealer baru terus bermunculan. Meskipun pangsa pasar masih terbuka lebar, namun tanpa stamina yang kuat, dealer yang sudah ada bisa kalah dari persaingan.

Salah satu cara memperkuat stamina jaringan adalah informasi yang terus terkini mengenai posisi dealer di hadapan pesaing lama dan pesaing baru. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat menjadi suplemen bagi seluruh Mitra sehingga stamina jaringan bonuspulsa selalu terjaga dan terus berkembang. AMIN.

Dibandingkan dengan pesaing lama maupun pesaing baru, posisi bonuspulsa dapat dilihat dari berbagai aspek sebagai berikut :

A. Pengelola Bonuspulsa mengambil bagian cukup kecil dari biaya pendaftaran

Bonuspulsa adalah dealer jaringan yang mengenakan biaya pendaftaran Rp 69.000. Biaya pendaftaran tersebut dialokasikan untuk :
- Saldo awal member Rp 15.000 (21,73%);
- Bonus untuk Sponsor dan Upline 10 level ke atas Rp 34.000 (49,27%);
- Pendapatan pengelola Rp 20.000 (29%).
Pendapatan pengelola akan menjadi lebih kecil pada saat diadakan promo kenaikan bonus sponsor menjadi Rp 20.000 dan insentif tambahan untuk para MDR.
Pendapatan yang tersisa untuk pengelola digunakan sebagai pengganti investasi dan pemeliharaan sistem, administrasi perkantoran, biaya pemasaran dan royalti.
Pesaing ada yang mengenakan biaya pendaftaran yang lebih tinggi maupun lebih rendah dibandingkan dengan bonuspulsa. Dari biaya yang dipungut oleh masing-masing pesaing, dapat dihitung berapa prosentase yang akan menjadi milik pengelola. Semakin kecil prosentase yang diambil oleh pengelola akan semakin baik bagi member.
Yang perlu diperhatikan adalah sebagian Dealer memberikan bonus pengembangan jaringan dengan persyaratan pasangan dan/atau batasan flush out. Untuk dealer yang memberlakukan syarat ini, alokasi yang diterima pengelola berpotensi lebih besar dari yang seharusnya karena mendapat tambahan dari hak bonus yang tidak dapat dibayarkan. Hak bonus tidak dapat dibayarkan apabila belum memenuhi syarat pasangan atau melebihi batasan flush out.

B. Pengelola Bonuspulsa menetapkan harga dasar relatif rendah

Harga jual ke member dalam sebuah jaringan setidaknya dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu : harga dasar dan komisi yang harus dibayarkan kepada member dan para upline. Komisi yang harus dibayarkan oleh pengelola bonuspulsa untuk setiap transaksi sukses adalah Rp 350, oleh karena itu harga dasar bonuspulsa adalah harga jual ke Mitra dikurangi dengan Rp 350.
Mungkin ada dealer yang menetapkan harga jual dibawah bonuspulsa, namun dengan alokasi bonus yang lebih kecil, sebenarnya dealer tersebut menetapkan harga dasar yang lebih mahal dibandingkan dengan bonuspulsa.
Semakin rendah harga dasar, semakin baik bagi Mitra, karena Dealer yang menetapkan harga dasar tinggi berarti mengambil margin keuntungan yang tinggi dari transaksi membernya.

C. Pengelola Bonuspulsa tidak menetapkan bonus bersyarat

Disamping bonus pengembangan jaringan tanpa syarat, pengelola Bonuspulsa juga tidak menetapkan syarat khusus dalam pembayaran bonus transaksi. Bahkan, Bonuspulsa memberikan kesempatan kepada Mitra untuk mencairkan bonus transaksi setiap saat menjadi deposit melalui perintah TB.PIN. Sampai saat ini, Bonuspulsa menjadi satu-satunya dealer jaringan yang memberikan kesempatan kepada member untuk mencairkan bonus setiap saat sesuai keinginan member bersangkutan.
Beberapa dealer menetapkan persyaratan dalam pembayaran bonus transaksi, modus yang dipakai sebagai syarat antara lain :

- Persyaratan memiliki downline langsung minimal jumlah tertentu; ATAU
- Persyaratan melaksanakan transaksi minimal jumlah tertentu.

Pada dealer yang menetapkan syarat tersebut di atas, apabila seorang member telah memiliki jaringan dan mendapat alokasi bonus dari jaringannya, namun tidak memenuhi persyaratan, maka bonus yang seharusnya milik member akan menjadi tambahan penghasilan bagi pengelola.

D. Pengelola Bonuspulsa menyediakan 1 Web Report untuk Pengembangan Jaringan, Transaksi dan Bonus

Untuk setiap Mitra, bonuspulsa menyediakan akses ke web report dengan alamat http://report.bonuspulsa.com Web report ini merupakan 1 tempat untuk menampung informasi :
1) Arsip komunikasi Mitra dengan server
2) Data transaksi Mitra dan Downline langsung
3) Data mutasi deposit
3) Daftar Downline
4) Data Bonus secara detail

Sebagian dealer jaringan menggunakan software yang sama dengan bonuspulsa sehingga memiliki web report yang sama, namun ada juga dealer yang :

1) Menyediakan web report berbeda antara data pengembangan jaringan dan data transaksi pulsa
Dealer yang menyediakan web report terpisah seperti ini patut diduga sebenarnya memiliki permainan lain selain bisnis pulsa.
2) Menyediakan web report yang sederhana
Dealer jaringan yang tidak mengenakan biaya pendaftaran menyediakan web report yang sederhana. Web report tersebut sebenarnya tidak dengan mudah membantu Mitra dalam memantau perkembangan jaringan dan bonusnya.

E. Infrastruktur Hardware Bonuspulsa dikelola dengan standar yang memadai

Server bonuspulsa selalu mengalami peningkatan kapasitas mengikuti perkembangan jumlah member dan transaksi. Pemeliharaan perangkat keras dilakukan secara rutin. Server utama ditempatkan di gedung Cyber dengan standar yang memadai untuk keamanan dan ke stabilan transaksi. Koneksi internet menggunakan layanan internet dedicated dengan IP Adress Static. Tidak menggunakan koneksi internet speedy atau langganan sejenisnya yang menggunakan IP Adreess dynamic.

F. Bonuspulsa menyediakan kesempatan karir bukan sekedar sebagai member
Sejalan dengan perkembangan jumlah member dan transaksi, bonuspulsa membuka perwakilan di daerah yang disebut Mitra Dealer Resmi (MDR). Persyaratan MDR ditetapkan berasal dari Mitra aktif, bukan dari investor. Oleh karena itu semua Mitra bonuspulsa dapat mengembangkan bisnis nya dan meningkatkan kapasitas nya untuk menjadi MDR dengan hak tambahan bonus di luar bonus yang berlaku pada umumnya.

G. Bonuspulsa membuka komuniksi 2 arah

Pengelola bonuspulsa menyediakan saluran komunikasi 2 arah dengan Mitra. Pengelola menyediakan salurah YM, email, forum dan millist di googlegroups. Melalui saluran yang ada, Mitra diberikan kesempatan menyampaikan usul dan komplain tanpa moderated. Pengelola semaksimal mungkin menanggapi semua usul dan menjawab semua komplain.
Sebagian besar dealer hanya menyediakan saluran komunikasi satu arah dari pengelola ke member nya.
Kekurangan yang ada pada bonuspulsa adalah belum adanya pertemuan bisnis resmi antara Manajemen dan Mitra/Calon Mitra secara langsung. Ke depan, kegiatan ini akan dilaksanakan oleh para MDR di berbagai kota di Indonesia.

Dengan menggunakan indikator 8 aspek tersebut di atas, dibandingkan dengan seluruh dealer yang ada, memang bonuspulsa tidak bisa unggul pada semua aspek. Ada aspek-aspek tertentu dimana dealer lain lebih unggul, namun pada kebanyakan aspek lainnya, bonuspulsa lebih unggul.

sumber : forum bonuspulsa

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online